5 Cara Memasak Mi Instan yang Sehat

 


Hai Sobat, kalian pasti tahu tentang mi instan yang menjadi sajian favorit yang hampir dikonsumsi sebagian besar orang. Tentu saja karena harganya yang murah, sesuai selera, enak dinikmati pada waktu-waktu tertentu, dan memasaknya pun mudah. Saat tinggal di kos, mi pun menjadi penolong saat lapar tengah malam dan hujan turun. Namun, mi instan menjadi makanan yang tidak sehat, sehingga jarang dinikmati. 

Tapi, kalian tidak perlu khawatir lagi karena pada dasarnya mie instan merupakan karbohidrat, makanan yang hampir sepenuhnya terbuat dari tepung. Tentunya, karbohidrat bukanlah hal yang buruk untuk kita konsumsi.  Hanya saja, perlu ada tambahan gizi lainnya agar tetap seimbang. Ya, seperti yang kita tahu makanan sehat harus seimbang seperti prinsip empat sehat lima sempurna. Berikut cara memasak mie instan agar lebih sehat sesuai anjuran ahli gizi:

Baca juga: Anak-anak yang Kelaparan Karena Indomie

1. Kurangi bumbu

Nah, saat memasak mi instan ada baiknya mengurangi takaran bumbu yang disediakan dalam bungkus mi tersebut. Hal ini akan mengurangi kandungan garam yang akan diserap oleh tubuh, disarankan tidak menambahkan bumbu masakan instan lainnya ke dalam mi instan yang akan dimakan.

2. Ganti air rebusan

Mengganti air rebusan mi dengan air biasa bisa mengurangi larutan karbohidrat dari mie yang telah direbus dalam air dan jauh lebih baik untuk dikonsumsi. Sebab, sebagian karbohidrat dalam mie akan larut ke dalam air rebusan saat dimasak, sehingga dengan mengganti airnya akan mengurangi karbohidrat yang dikonsumsi.

Baca juga: Berburu Mie Pedas Keliling Kota Malang, Yuk!

3. Masak dengan air mendidih

Masih banyak orang yang sering menyeduh mi instan dengan air panas, tetapi lebih baik memasaknya dengan air mendidih sesuai tata cara memasak mi yang ada dalam kemasannya. Hal ini menjadi lebih sehat dan terasa jauh lebih enak.

4. Tambah sayuran

Mi instan mengandung banyak karbohidrat yang mudah diserap tubuh dan akan meningkatkan gula darah dengan cepat. Oleh karena itu, kita bisa menambahkan sayuran hijau agar sajian mi instan lebih seimbang dan kita bisa menambahkan berbagai jenis sayuran saat memasak mie instan.

5. Lengkapi dengan protein

Ada baiknya menambahkan putih telur tanpa kuningnya atau dada ayam saat mengonsumsi mi agar lebih bergizi dan lebih enak. Jika tidak bisa mengonsumsi protein hewani juga bisa menambahkan tahu sebagai protein nabati pada mi instan yang dimasak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Memasak Mi Instan yang Sehat"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.