Hadiah Sumpah Pemuda, Mahasiswa PAI UMM Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional Kemenpora

 

Kepanjenkita - Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses raih juara 1 dalam pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan tingkat nasional.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 oktober 2021 di Jakarta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Para pemuda inovatif dari berbagai provinsi di Indonesia dihadirkan.

Peserta merupakan pemuda yang memiliki kepedulian terhadapt isu-isu kebangsaan dan negara. Diantara mereka memiliki sebuah wadah, lembaga, atau organisasi di daerah masing-masing dalam membangun pendidikan di tanah air.

Fadilah Ahmad Nur merupakan pemuda asal Sumbawa, NTB yang saat ini menempu pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dirinya terpilih menjadi perwakilan Provinsi NTB dengan sebuah organisasi kependidikan yang digagasanya. Sasambo Youth Education (SYE), sebuah organisasi yang berisikan para pemuda, sukses menjadi sorotan dari berbagai pihak tak terkecuali pemerintah sebagai upaya pemuda dalam memperbaiki kualitas pendidikan nasional.

Berdirinya Sasambo Youth Education (SYE) dilatarbelakangi ketika dirinya menyadari bahwa kampung halamannya masih banyak menyimpan masalah pendidikan, diantaranya masalah putus pendidikan yang tinggi.

“Pada tahun 2015, ketika saya mengikuti Forum Anak Provinsi NTB, saya miris melihat kondisi pendidikan NTB masih banyak anak yang putus sekolah,” ujar Adil, panggilan akrab Fadillah Ahmad Nur (28/10).

“Beberapa faktor yang menyebabkan anak putus sekolah di NTB, diantaranya faktor ekonomi, faktor nikah dini, faktor pola pikir, dan faktor orientasi kerja,” lanjutnya.

Sasambo Youth Education (SYE) memiliki beberapa program dalam membangun kualitas pendidikan nasional dengan solusi dan kontribusi. Melalui SYE yang digagasnya, dirinya mengembangkan beberapa program diantaranya Relawan Pendidikan, Ngobrol Pintar (Ngopi), Ruang Bincang (Rubic), Festival Keagamaan Ramadhan, Tongkorongan Anak SYE, Beasiswa Corner, Berbagi Buku, Webinar, dan Pelatihan.

Selain menggagas berdirinya SYE, Fadilah Ahmad Nur juga memiliki beberapa inovasi lainnya dalam bidang pendidikan. Diantaranya inovasi media pembelajaran dan sebuah ide yang sudah tersusun terkait aplikasi pendidikan.

 “Ada juga inovasi dibidang pendidikan berupa media pembelajaran huruf Hijaiyah bernama MOCI (Monopoli Circle) dan Ide inovasi aplikasi pendidikan bernama Islamic Education Application by Android,” ujar Adil.

Saat ini tercatat Fadilah Ahmad Nur masih berada di semester 7 di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Adil berharap untuk kedepannya agar para pemuda dapat terus melakukan inovasi-inovasi di segala lini kehidupan.

“Saya berharap pemuda dan pemudi NTB mampu berprestasi di segala lini, Semoga saya dapat bertemu dengan pak Gubernur dan Bupati Sumbawa Agar kedepannya kegiatan kepeloporan tetap disupport," pungkas Adil.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadiah Sumpah Pemuda, Mahasiswa PAI UMM Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional Kemenpora"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.