5 Ciri-Ciri Usus Buntu yang Perlu Diketahui

Pasti semua tak asing dengan peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks yang biasa disebut penyakit usus buntu. Usus buntu sendiri merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran sepanjang 5 sampai 10 cm yang terhubung di usus besar. Kebanyakan penderita yang menderita radang usus buntu ini merasakan nyeri di perut kanan bagian bawah. Nah, kalau ini dibiarkan akan menyebabkan infeksi serius dan usus buntu pecah, sehingga akan merasakan nyeri hebat, bahkan membahayakan nyawa penderitanya. 

Radang usus sendiri bisa terjadi pada semua usia dan paling sering pada usia 10 hingga 30 tahun. Usus buntu tak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bisa terjadi pada anak dan remaja. Penyebab penyakit usus buntu ini bisa karena sumbatan total atau sebagian pada usus buntu. Bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, dan virus. Cacing usus, iritasi, parasit, akibat penyakit kronis, cedera, batu usus buntu, hingga benda asing menjadi pemicunya. Apalagi saat sudah terinfeksi maupun tersumbat, usus buntu akan semakin cepat bengkak dan terisi dengan nanah. Oleh karena itu, sebelum parah kenali beberapa gejala yang muncul:

Baca juga: 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

1. Mual dan Muntah

Gejala yang sering terjadi pada gangguan lambung ini juga bisa terjadi seseorang mengalami radang usus buntu. Hal yang membedakannya dengan lambung, yakni penderita usus buntu akan mengalami mual selama lebih dari 12 jam.

2. Tidak Nafsu Makan

Saat perut sakit parah dan muntah sehingga kehilangan nafsu makan, bisa saja ini merupakan gejala utama radang usus buntu. Di mana penderita akan merasa perut begaj dan kembung sehingga seringkali tidak nafsu makan. Umumnya, perut kembung dan begah yang dirasakan penderita usus buntu bisa berlangsung lama dikarenakan tubuh kesulitan mengeluarkan gas.

3. Diare dan Sembelit

Banyak orang yang pasti sudah pernah mengalami diare dan sembelit, tetapi saat bersamaan dengan sakit perut yang parah selama 2-3 hari bisa jadi ini adalah gejala usus buntu. Selain itu, pantau jika ada lendir di tinja disertai sakit perut di sebelah kanan karena bisa saja usus buntu sudah pecah.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat

4. Sakit perut sebelah kanan

Mengingat usus buntu sendiri berada di sisi kanan bawah perut, maka saat menderita radang usus buntu akan merasakan sakit di area tersebut. Tak khayal, saat merasakan sakit perut di sebelah kanan menganggap dirinya sedang sakit usus buntu. Namun, saat menderita radang usus buntu sakit akan terasa di sekitar pusat. Nyerinya pun akan menjalar ke sisi kanan perut hingga ke perut sebelah kiri. Nyeri pada usus buntu akan terasa saat menggerakkan perut, digunakan untuk jalan, bersin, batuk, tertawa, dan saat naik kendaraan. 

5. Demam dan Menggigil

Tentunya, saat infeksi menyerang usus buntu dengan sangat parah, suhu tubuh pun akan meningkat. Tak hanya demam, terkadang penderita juga akan menggigil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Ciri-Ciri Usus Buntu yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.