5 Gerakan Membentuk Otot Tubuh, Tanpa ke Gym

Hai Sobat, pasti semua orang ingin sehat dan bugar bahkan ingin tubuh yang ideal dan kekar. Memiliki otot besar dan bagus pastinya menjadi keinginan semua pria juga. Terlebih mempunyai otot yang terbentuk dengan baik akan menunjukkan jika kita sehat, hal ini meningkatkan rasa percaya diri. Tak heran kalau banyak yang melakukan olahraga apapun secara rutin untuk membentuk otot mereka. 

Sebagian dari mereka juga meluangkan waktu ke gym atau pusat kebugaran yang membuat beberapa orang mengurungkan niat untuk memiliki tubuh yang kekar. Sebab, tak rela mengeluarkan uang guna datang ke gym dan kenyataannya kita tidak harus ke gym, lho, untuk berolahraga. Ada olahraga pembentuk otot yang bisa dilakukan di rumah:

Baca juga: Yoga, Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah dan Menyenangkan

1. Squat

Squat sendiri adalah kegiatan jongkok berdiri yang bisa melatih kekuatan otot tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Bahkan, gerakan ini melatih kegiatan otot lengan, bahu, dada, dan punggung. Gerakan squat pun bisa dilakukan dengan mudah di manapun dan tak memerlukan alat apa pun. Terlebih gerakan ini sangat bermanfaat untuk tubuh apalagi jika dilakukan secara rutin.

2. Sit Up

Sit up sendiri adalah gerakan sederhana untuk melatih perut yang dilakukan dengan berbaring, telentang, dan mengangkat tubuh. Tentunya, gerakan ini bisa dilakukan di manapun dan tidak membutuhkan alat. Sit up memang mudah dilakukan oleh siapa pun, tetapi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena sit up bisa melatih dan mengencangkan otot dada, perut, leher, panggul, hingga pinggang.

Baca juga: 3 Pemanasan Sebelum Lari

3. Pull Up

Pull up merupakan kegiatan mengangkat badan yang membutuhkan alat untuk menopang berat badan dan bisa menggunakan kusen gawangan pintu yang masih kuat atau lainnya. Pull sendiri memang membutuhkan tenaga yang cukup besar, sehingga jika rutin dilakukan akan memberikan banyak manfaat. Terlebih gerakan ini bisa melatih otot lengan, bahu, dan punggung serta bisa membantu menambah tinggi badan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

4. Push up

Push up menjadi gerakan yang populer semasa kuliah karena sering digunakan sebagai hukuman bagi yang melanggar aturan. Push up sendiri berguna untuk menguatkan otot bisep dan trisep, melakukannya pun mudah. Cukup dengan mengambil posisi tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan, lalu badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Setelah itu, badan diturunkan dengan menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. 

5. Plank

Olank ini pasti masih terdengar asing bagi orang awam, tetapi hampir semua orang pernah melakukannya. Ya, gerakan plank hampir mirip dengan push up, bedanya hanya menggunakan lengan bawah sampai siku sebagai tumpuan. Cara melakukannya dengan telungkup, lalu mengangkat bahu ke atas dengan siku dan lengan bawah sebagai tumpuan. Lalu, pastikan posisi tubuh lurus dan seimbang. Usahakan tahan sampai beberapa waktu, setidaknya 20-30 detik. Hal ini bisa melatih otot tubuh, terutama melatih kekuatan lengan dan kaki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Gerakan Membentuk Otot Tubuh, Tanpa ke Gym"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.