Tips Mengatasi Kecanduan Media Sosial

 

Hai Sobat, kali ini pasti semua orang mengalami ketergantungan pada ponsel. Terlebih hampir semua kalangan menggunakan media sosial bahkan tak bisa melepaskannya, hingga menjadi kebiasaan yang berbahaya, yaitu kecanduan. Sebuah riset mengungkapkan, jika sekitar 210 juta orang di dunia mengalami kecanduan internet dan media sosial. Seiring berkembangnya teknologi dan pesatnya kemajuan media sosial membuat hal ini semakin meningkat.

Jika sudah kecanduan, kita pasti akan terjebak dan fokus pada media sosial sehingga mengganggu kesehatan. Ya, di saat sudah memegang ponsel apalagi membuka sosial pastinya waktu tidur berkurang, interaksi sosial secara langsung pun berkurang, dan akan mengalami gangguan mental. Oleh karena itu, kita harus mengatasi kecanduan pada media sosial walaupun sulit. Berikut tips mengatasi ketergantungan pada media sosial:

Baca juga: Waspada Penyakit karena Gadget

1. Matikan Notifikasi Media Sosial

Pemberitahuan atau notifikasi yang memberikan kabar terbaru supaya seseorang merespons dengan cepat dan memegang gadget kembali. Maka dari itu, untuk menghindari kecanduan media sosial ada baiknya nonaktifkan notifikasi media sosial agar tidak mengganggu dan menarik perhatian kita untuk terus berselancar di media sosial. Cara untuk menonaktifkan notikasinya pun cukup dengan membuka fitur pengaturan, lalu memilih bagian notifikasi, terakhir pilih aplikasi apa yang notifikasinya akan dinonaktifkan.

2. Kurangi Kebiasaan Bermain HP di Pagi Hari

Kebiasaan di pagi hari yang membuka ponsel hanya untuk sekadar melihat jam, memeriksa notifikasi, bahkan berselancar di media sosial sulit untuk dihindari. Untuk menghindari kebiasaan itu pasti ada yang meletakkan ponsel jauh dari jangkauan, tetapi hal tersebut tak bisa membuat kita terhindari dari bermain media sosial.

Banyak orang yang masih mencari keberadaaan ponsel untuk melihat media sosial seperti menonton konten menarik, dan lainnya. Hal ini membuat semua orang lebih nyaman berbaring di tempat tidur sembari memainkan ponsel dalam waktu yang lama. Padahal ini akan mempengaruhi produktivitas, maka dari itu hindari dengan mengalihkannya pada olahraga pagi, menonton berita di televisi, dan sarapan.

3. Detoks Digital

Detoks digital adalah belajar hidup tanpa media sosial dengan meninggalkannya dan menentukan kebutuhan untuk media sosial. Detoks digital ini membuat kita sadar bahwa ada banyak waktu untuk diri sendiri dan membebaskan pikiran, serta membuat kita belajar juga bekerja tanpa membutuhkan media sosial. Detoks digital juga bisa meningkatkan kualitas interaksi keluarga, komunitas, atau teman.

Baca juga: Tips Mengatasi Rasa Bosan Saat di Rumah

4. Pahami Alasan Penggunaan Media Sosial

Saat membuka media sosial tentukan apa alasannya, untuk menghibur diri, kebutuhan pekerjaan, mencari informasi menarik, berkomunikasi dengan teman jauh atau yang lainnya. Alasan yang perlu diketahui agar tak menyia-nyiakan waktu. Oleh karena itu, gunakan waktu di media sosial untuk mendukung segala aspek kehidupan.

5. Hindari Kebiasaan Bermain HP Sebelum Tidur

Penggunaan HP bisa merusak jadwal tidur seseorang, sebanyak 45 persen orang memilih untuk membuka media sosial daripada tidur. Sehingga, penting untuk meletakkan ponsel di meja atau di sisi lain ruangan. Jika ponsel berada jauh, maka keinginan melihatnya berkurang. Untuk menggantinya, bisa membaca buku, menulis kegiatan yang akan dilakukan, dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Kecanduan Media Sosial"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.