Kaum Milenial Mulai Bisnis dengan Facebook Business Manager, Yuk!

 


Hai Sobat, di era digital seperti sekarang hampir semua media sosial digunakan untuk bisnis online. Terlebih sejak pandemi dua tahun lalu membuat pasar nyata mulai berpindah ke ranah online dengan promosi di akun media sosialnya. Tak heran, kini aplikasi seperti TikTok, Instagram, termasuk facebook juga dipenuhi orang barang-barang online. Hemm, tak hanya di toko online shop saja, ya.

Nah, dalam hal ini Facebook menyediakan fitur yang semakin memudahkan Sobat Milenial dalam berbisnis. Yap, Facebook Business Manager atau Facebook Bisnis Manager yang bisa menjadi salah satu cara sukses Sobat Milenial mempunyai bisnis teratur dan berkembang dengan baik. Eits, tetapi fitur ini sudah mengalami sedikit perubahan, Facebook Business Manager kini dikenal sebagai Meta Business Manager. Yuk, simak cara membuat Facebook Business Manager!

1. Membuat akun Facebook Business Manager

Pastinya langkah pertama adalah membuat akun, Sobat perlu mempunyai profil Facebook pribadi untuk mengonfirmasi identias. Lalu, Sobat perlu membuka situs business.facebook.com dan menekan tombol biru dengann tulisan Create Account (Buat Akun). Selanjutnya, akan ada petunjuk setiap langkahnya tentang informasi yang perlu dicantumkan untuk membuat akun Facebook Business Manager.

Baca juga : Masih Nganggur? BACA INI!

2. Tambahkan halaman bisnis Facebook

Untuk menambahkan halaman bisnis, Sobat perlu menekan Add Page (Tambahkan Laman) dari dashboard. Sobat bisa memilih untuk menambahkan laman milik sendiri atau orang lain atas izinnya. Menambahkan laman baru pun bisa dilakukan di pop-up window.

3. Tambahkan akun Facebook

Di tahap ini, Sobat perlu membuat akun Facebook Ads terlebih dahulu, lalu menambahkannya ke Facebook Business Manager. Saat membuat akun Facebooks Ads Sobat perlu menekan Add Ad Account (Tambahkan Akun Ad) dan Create Account (Buat Akun).

Apabila Sobat sudah memiliki akun Facebook Ads, Sobat hanya perlu menekan Add Ad Account sebanyak dua kali, kemudian masukkan ID akun yang bisa didapatkan dari Ads Manager.

4. Tambahkan manager aset Facebook

Rumitnya marketing Facebook bisa menjadi masalah besar untuk Sobat Milenial yang baru menginjak dunia bisnis online. Oleh karena itu, Facebook Business Manager menyediakan fitur yang memungkinkan orang lain untuk membantu mengelola halaman bisnis dan kampanye iklan dengan cara menekan Add People.

Sobat bisa menggunakan ini jika memerlukan bantuan orang lain dalam hal ini. Saat muncul pop-up masukkan data sesuai dengan orang yang akan Sobat pekerjakan di posisi tersebut. Sobat juga bebas mengatur akses manajer, selain itu Facebook mengizinkan lebih dari satu orang untuk menjadi bagian dari timmu.

Nah, dalam hal ini ada beberapa tugas atau posisi yang bisa diisi dengan menambah dan mengundang mereka. Posisi yang dimaksud antara lain Administrator Halaman, Moderator Halaman, Pengiklan Halaman, Editor Halaman, terakhir Analisis Halaman.

Baca juga : 5 Tips Membuat CV agar Menarik

5. Menghubungkan ke rekan bisnis atau agensi periklanan

Langkah ini bisa Sobat lewati jika suda membuat Facebook Business Manager, tetapi Sobat juga bisa menghubungkan akun dnegan rekan bisnis atau agensi periklanan jika ingin. Sebab, ini mungkin saja dibutuhkan saat ingin kampanye marketing semakin sukses.

6. Menambahkan akun instagram

Sobat perlu memaksimalkan potensi Facebook Business Manager dengan membuat akun Instagraam untuk bisnis, serta menghubungkannya. Caranya pun mudah, dari dashboard tekan Business Setting (Pengaturan Bisnis), lalu tekan Instagram Accounts (Akun Instagram). Kemudian, pilih Add (Tambahkan) yang akan memunculkan pop-up di mana Sobat perlu memasukkan informasi login Instagram dan klik Log In (Masuk).

7. Membuat Facebook Pixels

Facebook Pixels merupakan fitur yang memberikan akses pada pemilik akun guna melacak konversi, membangun target audiens untuk iklan, optimasi iklan Facebook, dan remarketing pada lead yang tertarik dengan produk Sobat. Untuk menambahkan Facebook Pixels Sobat perlu pergi ke dashboard Business Setting, lalu menekan Data Sources (Sumber Data).

8. Memperkuat keamanan akun

Mengingat maraknya peretasan akun, Sobat perlu memperketat keamanan dengan mengatur two-factor authentication. Nah, Sobat perlu memilih pengaturan yang mengharuskan semua orang melakukan autentifikasi dua faktor sebelum log in.

Baca juga : Mengenal Metaverse, Dunia Virtual dan Bahayanya

9. Memasang iklan

Sampai di sini, berarti Sobat sudah selesai membuat Facebook Business Manager dan akunnya siap digunakan. Selanjutnya, Sobat perlu memahami cara mengiklankannya lewat situs web. Carilah Ads Manager, lalu tekan tombol Create (Buat) sehingga Sobat bisa bebas memilih objektif kampanye, audiens tertentu, mengelola biaya, memilih tipe iklan dan tempat menampilkannya.

10. Mengelola kelompok aset bisnis

Saat aset Sobat memulai berkembang di Facebook Business Manager, Sobat perlu mengaturnya dengan rapi. Eits, jangan khawatir karena ini juga ada fitur grup atau kelompokk aset yang bisa membuat akun iklan, anggota timm tetap, dan membuat halaman lebih teratur.

Untuk ini Sobat perlu menekan Business Setting, lalu memilih Business Asset Groups (Grup Aset Bisnis), dan membuat grup aset. Hal ini memudahkan Sobat memilih aset berdasarkan kategori yang diinginkan seperti area, agensi, brand, dan yang lainnya.

Nah, demikianlah cara bisnis untuk kaum milenial yang mudah dilakukan dengan fitur di media sosial. Bisnis di media sosial tak hanya memberikan kemudahan akses, tetapi juga memperluas jangkauan target pasar sehingga memberikan banyak keuntungan dalam pemasaran.

Tidak sulit bukan bisnis di Facebook? Mulai dari membuat akun bisnis Facebook hingga mengembangkannya, sudah ada fitur yang memudahkan. Let’s manfaatkaan fitur Facebook Business Manager dengan baik agar bisnis Sobat semakin berkembang!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kaum Milenial Mulai Bisnis dengan Facebook Business Manager, Yuk!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.