5 Tips agar Tidak Boros dengan Memulai Gaya Hidup Minimalis

 


Buat Sobat yang sering menggulir beranda media sosial pasti tidak asing dengan istilah gaya hidup minimalis. Ya, gaya hidup yang meminimalkan beberapa hal yang sebenarnya tidak begitu penting. Padahal kita bisa menerapkan gaya hidup sederhana dengan memenuhi kehidupan dengan yang dibutuhkan saja. 

Yaps, di era digital yang sering bertebaran berbagai fashion, makanan, dan hal lainnya yang menggiur pastinya sulit untuk menahan diri agar tidak membeli. Mengurangi apa yang dimiliki dengan memenuhi kebutuhan berkualitas serta sesuai yang dibutuhkan, itulah baru gaya hidup minimalis. Less is more menjadi slogan untuk konsep minimalis.

Gaya hidup ini bisa membantu untuk mengendalikan kebiasaan membeli barang berlebihan sehingga tidak boros dalam keuangan. Buat kamu yang ingin berhemat dengan menerapkan gaya hidup minimalis, bisa nih simak 5 tips mudah gaya hidup minimalis ini!

Baca juga : Tips Mengurangi Kebiasaan Gila Belanja Menjelang Hari Raya

1. Berbelanja sesuai kebutuhan

Bagi kaum perempuan, berbelanja menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya saat melihat hal yang bagus dan lucu raasanya tak perlu berpikir lagi untuk membelinya. Padahal barang tersebut belum tentu memiliki manfaat nantinya, dalam hal ini gaya hidup minimalis menekankan untuk berbelanja sesuai kebutuhan saja. Hal ini hanya memenuhi kebutuhan dan memastikan tidak membeli barang yang nantinya tidak penting.

2. Membeli barang berkualitas walau lebih mahal

Pengecualian untuk hal ini, bukan berarti kalau ada yang murah kenapa beli yang mahal itu pemborosan. Nah, gaya hidup minimalis tidak selalu menekankan kepada harga, tetapi juga kualitas dari barang. Sebab, barang dengan harga murah bisa memberatkan karena kualitasnya yang tak sebaik barang yang harganya lebih mahal. Justru, hal ini membuatmu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli penggantinya.

Baca juga : Sudahkah Anda Memilih Situs Belanja Online yang Terpercaya?

3. Rutin merawat barang yang dimiliki

Seringkali barang yang lama karena sudah jarang terpakai cenderung dibiarkan di tempatnya, padahal hal ini bisa membuat barang tersebut cepat rusak. Masalahnya, saat barang rusak lagi-lagi membeli yang baru, tetapi masih sama. Hal ini menjadi pemborosan yang tidak sesuai dengan gaya hidup minimalis. Oleh karena itu, untuk barang seperti laptop, smartphone, kendaraan, dan lainnya perlu dirawat. Dengan melakukan perawatan tersebut maka barang akan lebih awet dan bisa dipakai lebih lama.

4. Menata isi lemari baju

Saat kamu ingin membeli baju karena melihat baju yang bagus dan lucu, coba buka lemari bajumu. Begitu banyak baju hingga saat akan memakainya pun kamu bingung, ujungnya malah ingin menggunakan baju yang sering dipakai, dan baju lainnya dianggurin. Dalam hal ini, merapikan lemari baju menjadi solusi, di mana Sobat bisa memilah-milah barang mana yang bisa dipakai atau barang mana yang lebih baik dibuang. Dengan merapikan dan memilih baju mungkin bisa disumbangkan atau dijual.

Baca juga : Belanja Pakai Voucher Lebih Menggoda Ketimbang Pakai Cash

5. Membiasakan makan secukupnya

Sobat pun pasti tahu kalau makan berlebihan tidak baik, oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi makanan secukupnya. Dimulai dari mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk tubuh daripada membeli jajan di luar yang minim manfaaatnya untuk tubuh. 

Perlu diingat, jika gaya hidup minimalis bertujuan untuk hidup dalam kesadaran, seperti sadar memilih mana yang penting dan tidak, hidup secukupnya, dan menggunakna barang yang dibutuhkan. Sehingga banyak manfaat yang bisa didapatkan dari gaya hidup ini, tak hanya berhemat, tetapi untuk menghindari keinginan membelli barang yang tidak berguna sehingga hanya menumpuk di rumah. Sudahkah kamu menerapkan gaya hidup minimalis?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips agar Tidak Boros dengan Memulai Gaya Hidup Minimalis"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.