Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

 

Berbicara tentang dunia perkuliahan tentu duduk di sana tidaklah mudah, mengingat biaya per semesternya yang cukup tinggi. Belum lagi kalau jaraknya dari rumah jauh, sehingga harus kos di area dekat kampus atau tetap bolakk-balik ke rumah dengan transport yang tinggi. Tentunya, dibutuhkan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan kampus yang tak hanya perihal membayar biaya kuliah, hehe. Maka dari itu, sebagai mahasiswa penting untuk memulai bisnis. Ada beberapa rekomendasi bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil yang bisa dicoba.

Masalah mahasiswa apalagi yang rantau akan lebih banyak karena perlu memikirkan biaya kos, makan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Maka dari itu, banyak yang memilih mencari tambahan uang saku guna memenuhi kebutuhan dan meringankan beban orang tua. Namun, untuk memulai masih banyak yang bingung tentang bisnis apa yang cocok dijalankan dan peluangnya besar. Untuk mahasiswa yang jadwalnya tidak padat, cobalah rekomendasi bisnis untuk mahasiswa ini demi mendapatkan penghasilan, nih!

Baca juga: 5 Ide Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Preloved

Preloved adalah kegiatan jual beli barang bekas yang masih mempunyai nilai jual. Kini, bisnis ini menjadi tren yang banyak digemari oleh semua kalangan karena harganya murah. Sobat bisa menggunakan preloved sebagai ladang bisnis apabila mempunya barang yang sedang banyak dicari orang. Dengan memanfaatkan sosial media, Sobat bisa memasarkan barang-barang tersebut. Coba juga bekerja dengan teman kampusmu dalam menjalankan bisnis ini agar cepat berkembang.

Penulis lepas

Jika Sobat mempunyai keahlian menulis yang bagus, cobalah menjadi penulis lepas atau freelance writer. Profesi ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan karena Sobat tidak membutuhkan modal besar, hanya berbekal kemampuan menulis, imajinasi, dan kreativitas. Apalagi ini sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Karya yang bisa Sobat tawarkan pun beragam mulai dari artikel umum dengan beragam topik sampai karya fiksi seperti cerpen, cerita bersambung, serta puisi.

Bisnis pulsa elektrik

Kini, ponsel dengan internet menjadi kebutuhan utama untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Terlebih mahasiswa membutuhkan keduanya di dunia perkuliahan. Maka dari itu, pulsa serta paket data bisa menjadi ide bisnis yang bisa dirintis dengan modal kecil. Apalagi mudah dilakukan, bisnis ini juga membawa banyak keuntungan jika dikelola dengan baik.

Baca juga: Mahasiswa UMM Buat Inovasi Minuman Heavy Orange di Desa Selorejo Kabupaten Malang

Bisnis makanan ringan

Camilan atau makanan ringan banyak disukai oleh masyarakat, bahkan sebagian orang lebih sering menghabiskan uang untuk menikmati snack. Nah, Sobat bisa mencoba bisnis ini seperti berbagai jenis keripik dengan varian rasa, makaroni pedas, dan lainnya. Sobat bisa memanfaatkan media sosial atau menjualnya langsung ke kelas-kelas saat di kampus.

Jasa titip

Untuk yang hobi berbelanja di mall atau secara online, bisa membuka jasa titip yang cocok. Jasa titip sendiri merupakan bisnis yang menyediakan jasa untuk orang yang ingin membeli suatu produk, tetapi kesulitan karena berbagai alasan tertentu. Umumnya, jasa titip mengambil keuntungan antara Rp10.000-Rp30.000 untuk setiap orang yang menitip dibelikan belanjaan.

Itulah lima rekomendasi bisnis untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan modal banyak, tetapi peluang dan keuntungannya bisa menambah uang saku. Namun, dalam berbisnis tentunya dibutuhkan ketekunan untuk mempromosikan bisnis dan tidak menyerah jika mengalami kegagalan, serta yang paling utama jangan malu. Kalau Sobat Milenial, apa nih kira-kira ide bisnis yang kamu pilih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.