Belajar 4 Cara Sederhana Menabung dari Orang Jepang

Di tahun 2023 di mana terdapat resesi yang ditandai dengan melonjaknya harga barang di pasaran. Tentunya, hal ini merisaukan berbagai kalangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak cara yang ditempuh masyarakat untuk menghadapi hal ini, salah satunya menabung sebelum tanggal 2023. Begitu pula di masa resesi ini kita perlu tetap menerapkan kebiasaan menabung untuk menghadapi keadaan krisis yang bisa saja terjadi di masa depan.

Menabung sendiri merupakan kebiasaan yang perlu dilatih agar kita terbiasa, hanya saja secara praktek banyak yang masih kesulitan. Biasanya ini dipengaruhi oleh kebiasaan boros dan hedon di masa sekarang yang sulit dihilangkan. Eits, tetapi kita perlu menengok pada gaya hidup orang Jepang yang tak hanya disiplin dan rajin bekerja, tetapi mereka juga rajin menabung, hehe.

Di Jepang sendiri terdapat metode bernama kakeibo yang merupakan metode manajemen keuangan terkenal serta banyak diterapkan di Negeri Sakura ini.  Bahkan, metode tersebut telah ada sejak 1994 yang dikenalkan oleh Jurnalis Makoto Hani. Kakeibo sendiri berarti catatan keuangan rumah tangga. Berikut 4 cara yang dikembangkan dari metode tersebut:

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan ala Perencana Keuangan

1. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran

Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran menjadi metode efektif untuk menghemat karena dari sana Sobat bisa mengetahui berapa uang yang masuk maupun keluar. Umumnya, Sobat bisa menggunakan metode manajemen keuangan dengan mencatat keuangan secara manual, menggunakan aplikasi, atau masih banyak cara lain yang bisa dipilih. Sobat bisa mencatat semua pemasukan dari gaji di awal bulan, pemasukan rutin, dan penghasilan tambahan.

2. Menyisihkan uang

Setelah mencatat pemasukan dan pengeluaran pokok, lalu sisihkan uang untuk ditabung di bulan itu kemudian alokasikan ke beberapa pengeluaran. Di metode tersebut, perlu menyisihkan dana yang akan ditabung dulu. Dalam hal ini bisa menghitung terlebih dulu pengeluaran pasti per bulan, lalu menentukan berapa banyak uang yang akan disimpan.

3. Mengalokasikan sisa dari dana tabungan ke beberapa bagian

Usai menyisihkan dana yang ingin ditabung, Sobat harus membagi sisanya ke beberapa bagian pengeluaran. Ada empat kategori yang perlu Sobat ketahui dalam pembagian pengeluaran ini. Mulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, kebutuhan tambahan, dan pengeluaran lainnya.

Baca juga: Cara Sederhana Menghentikan Kebiasaan Berutang

4. Menghindari godaan berbelanja secara berlebihan

Hal yang paling penting dalam berhemat adalah mencegah keinginan untuk berbelanja di tengah tren belanja online ini. Untuk menghindarinya, ingatlah tujuan keuangan jangka menengah serta panjang. Dengan begitu, Sobat akan lebih memilih menabungnya untuk keperluan yang lebih penting.

Demikianlah empat cara menabung versi orang Jepang yang sudah diterapkan di negara itu selama bertahun-tahun. Coba terapkan metode tersebut karena menabung tidak dimulai sejak Sobat dilanda kesulitan, tetapi jauh-jauh sebelumnya untuk menghadapi masalah krisis. Nah, kalau manajamen keuangan versi Sobat gimana, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar 4 Cara Sederhana Menabung dari Orang Jepang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.