5 Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Menjaga Kualitas Kerja

 

Banyak sekali yang mengeluhkan mengantuk di jam kerja bahkan tak jarang dari mereka memiliki lingkar hitam dan terlihat lesu saat di kantor, saat hal ini dipertahankan untuk bekerja akan semakin membuat kepala pusing dan memperburuk keadaan. Masalah tersebut dikarenakan kurangnya kualitas tidur yang berimbas pada produktivitas pekerjaan, hasilnya bekerja jadi tidak fokus dan berantakan pula seperti jam tidur.

Hubungan kualitas tidur dengan pekerjaan pun pasti dirasakan dan disadari oleh semua orang sekarang. Bukan hal aneh lagi apabila terganggunya jam tidur mengganggu produktivitas serta kualitas kerja. Maka dari itu, penting untuk memperbaiki jam tidur dan membuatnya lebih berkualitas. Jam tidur yang berantakan dikarenakan shift kerja, begadang, dan lainnya. Untuk memperbaikinya Sobat bisa menerapkan 5 cara ini:

Baca juga: Pagimu Kurang Produktif? Coba Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini!

1.Memerhatikan paparan cahaya

Sudah menjadi kebiasaan saat akan tidur menyalakan ponsel, menggulir layar di media sosial, bahkan melakukannya sambil terbaring di tempat tidur. Perlu diketahui, apabila paparan cahaya blue light yang dihasilkan gadget akan membuat otakmu berhenti memproduksi melatonin yang merupakan hormon tidur. Hal itu akan membuat Sobat tetap terjaga. Sementara cahaya gelap akan memberi perintah pada otak agar memproduksi hormon melatonin. Dengan bantuan ruangan yang gelap, Sobat akan mengantuk. Jadi kurangi paparan cahaya saat akan tidur.

2.Melakukan relaksasi

Relaksasi tidak hanya memperbaiki waktu tidur, tetapi meningkatkan kualitas tidur sehingga saat bangun akan terasa lebih segar. Saat Sobat cemas atau stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang membuat Sobat smeakin kesulitan tidur. Maka dari itu, coba merilekskan diri sebelum tidur, yaitu dengan melakukan yoga, peregangan, menarik napas panjang, meditsi, hingga journaling.

3.Mengurangi tidur siang

Kemungkinan besar alasan Sobat kesulitan tidur di malam hari atau tidur siang. Selain itu, tidur siang juga berpotensi menyebabkan pusing karena terlalu lama. Apabila Sobat sudah memiliki kebiasaan ini dann sulit ditinggalkan, ada baiknya mencoba tidur siang dengan durasi waktu kurang dari 30 menit dan sebelum jam tiga sore.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Memotivasi Diri Saat Malas

4.Melakukan olahraga rutin

Cara lain untuk membuat jam tidur lebih teratur adalah dengan berolahraga secara rutin. Sebab, melakukan olahraga bisa membantu tubuh memproduksi hormon melatonin yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Sobat bisa mencoba berolahraga selama tiga puluh selama lima hari setiap minggu. Hal tersebut bisa membantu memperoleh hasil terbaik. Akan tetapi, pastikan tidak melakukan olahraga saat malam.

5.Menghindari kebisingan

Untuk bisa tidur dengan nyenyak, kebanyakan orang membutuhkan ketenangan dan keheningan. Sehingga dengan suasana sunyi Sobat bisa memperoleh kualitas tidur yang baik di malam hari. 

Demikianlah tips memperbaiki jam tidur agar dalam bekerja pun Sobat tetap fokus dan tidak mengantuk. Selain itu, ini akan membawa dampak besar pada kesehatan. Ada baiknya satu jam sebelum tidur Sobat mematikan ponsel dan meletakkannya agak jauh dari jangkauan untuk menghindari paparan blue light dan radiasinya yang berbahaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Menjaga Kualitas Kerja"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.