5 Cara Sederhana Memotivasi Diri Saat Malas

Memang setelah melakukan aktivitas yang padat serta membuat stres diperlukan istirahat secara berkala, akan tetapi ada beberapa orang yang malah terlena. Pasti ada yang setelah melakukan kegiatan sehari-hari, bekerja, atau sekolah begitu selesai dan bertemu tempat tidur langsung rebahan. Apalagi sambil main ponsel, scroll media sosial rasanya malas untuk bangun, kan?

Alih-alih istirahat sejenak, tetapi malah keenakan sampai beberapa jam dan berubah menjadi kemalasan. Ada juga yang sampai menunda pekerjaan sepertinya, hal ini disebabkan sulit untuk melepaskan rasa nyaman beristirahat tersebut. Perlu diingat, jika menunda pekerjaan juga tidak baik, lho! Maka dari itu, penting untuk mengatasi rasa malas dengan memotivasi diri, berikut cara sederhananya:

Baca juga: Jadi Pahlawan untuk Diri Sendiri, Hilangkan Stres dengan 5 Cara Ini!

1.Membuat target dan tenggat waktu

Waktu bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemalasan, menurut asisten dokter psikiatri dan pemilik praktik konsultasi mental pribadi, Kathryn Werner, PA-C mengatakan apabila kita bisa meyakinkan diri untuk berkomitmen menyelesaikan tugas selama lima menit atau yang target waktu lainnya. Menurutnya, kita harus memberi izin kepada diri untuk menghentikannya setelah 5 menit tanpa rasa lelah. Sederhananya, saat ada tugas Sobat bisa memperhitungkan bisa menyelesaikannya berapa menit, misalnya dalam waktu satu jam, dan dalam waktu itu coba memberi jeda selama lima menit untuk beristirahat.

2.Menyalakan musik

Musik yang tepat untuk memberi semangat bisa menjadipilihan untuk membangkitkan energi kembali. Sobat bisa mematikan layar ponsel, lalu memutar musik sesuai selera. Menurut Angela Genzale, BSN, perawat, dan life coach bersertifikat, Sobat perlu membuat daftar putar lagu motivasi yang bisa diputar selama merasa malas nantinya. Lagu tersebut akan meningkatkan motivasi dan Sobat bisa menari serta bernyanyi dengan penuh semangat.

Baca juga: Stuck Dalam Hidup? Waktunya Upgrade Diri dengan 5 Kiat Ini!

3.Melatih pernapasan

Pernapasan merupakan cara efektif untuk mengusir segala beban termasuk mengatasi rasa lelah. Sebab, saat bernapas dengan benar tentu tubuh yang dalam keadaan stres tinggi akan lebih terkontrol. Cara ini terbukti ampuh mengurangi rasa cemas dan stres, karrena dengan mengembuskan napas Sobat akan merasa lega dan melepaskan beban. 

Menurut Ciara Doran, praktisi pengobatan Tiongkok Tradisional (TCM), mengatakan bahwa latihan pernapasan bisa menjadi cara sederhana serta efektif guna mengusir pikiran negatif dalam diri sendiri. Biasanya pikiran negatif tentang pencapaian serta kesempurnaan yang berlebih akan menjadi penyebab kemalasan. Saat harimu terasa berat coba pejamkan mata, lalu secara perlahan tarik dan embuskan napas untuk melepaskan semua beban dan menyegarkan diri.

4.Menghubungi orang terdekat

Teman atau orang terdekat lainnya bisa menjadi motivasi saat merasa malas dalam melakukan sesuatu. Apalagi teman maupun orang terdekat bisa menjadi tempat Sobat mencurahkan hati dan meminta saran. Ada baiknya, memilih teman yang bisa memotivasi dan pekerja keras.

5.Menuliskan beban pikiran

Buku harian sebagai tempat mencurahkan semua perasaan sudah sering dijadikan solusi mengusir beban pikiran. Dengan menuliskannya, setidaknya semua yang terasa berat di pikiran bisa dikurangi. Seorang peneliti biomedis, yaitu Elizabeth Clark, MS mengatakan apabila menuliskan tugas serta membaginya menjadi daftar pendek atau catatan akan sangat membantu. 

Baca juga: Gampang Badmood? Coba 4 Tips Sederhana Meningkatkan Mood Ini!

Begitu pula saat menuliskan tujuan di buku, catatan, atau yang lainnya bisa membantu tetap termotivasi bahkan meningkatkan kemungkinan Sobat bisa mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, Sobat akan lebih mudah untuk tetap fokus dan termotivasi mencapai tujuan akhir.

Kalau Sobat sedang malas atau terjebak dalam rasa nyaman saat beristirahat, perlu diingat ada berbagai pekerjaan yang menanti, lebih luas ada orang lain yang berlomba-lomba mengejar mimpinya. Sudahkah Sobat punya tujuan untuk memotivasi diri?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Sederhana Memotivasi Diri Saat Malas"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.