Sering Overthinking, Ternyata Begini Kondisi Otak Saat Berpikir Berlebihan

 

Tidak asing lagi dengan istilah psikogi yang menjadi sebutan dari kebiasaan berpikir berebihan ini. Sering kali fenomena overthinking dialami oleh generasi di era serba digital atau Gen Z. Mayoritas dari mereka tertekan dengan persoalan hidup serta mengkhawatirkan hal tersebut secara berlebihan. Hal inilah yang memicu stres dan bisa memengaruhi otak, lho!

Dilansir dari detik.com, Dr Kerry Ressler yang merupakan psikiatri di Harvard Medical School menyatakan bahwa stress yang dialami manusia bisa memengaruhi fungsi otak. Mereka telah melihat perubahan dari cara otak memproses informasi saat orang mengalami stres kehidupan nyata maupun stres yang dibuat di penelitian. Dalam hal ini, Dr Ressler mengatakan, jenis stres bisa mengganggu kognisi, perhatian, serta ingatan.

Baca juga:  Sering Menjadi Misteri, Begini 5 Fakta Alam Bawah Sadar Manusia Menurut Sains

Pendapat itu pun dikuatkan dengan pendapat peneliti lain yang menyatakan bahwa stres tidak memengaruhi ingatan serta fungsi otak lainnya seperti suasana hati serta kecemasan, melainkan meningkatkan peradangan dan memengaruhi kesehatan jantung. Sehingga stres bisa menyebabkan penyakit kronis pada otak dan jantung. Maka dari itu, Sobat perlu mengatasi stres agar menjadi lebih baik dan mengurangi faktor yang memperburuknya.

Perlu diketahui pula cara kerja otak yang merupakan sekelompok bagian berbeda dan memiliki tugas yang berbeda pula. Contohnya, saat seseorang ada dalam kondisi berbahaya atau lelah secara emosional, amigdala atau bagian otak yang mengendalikan naluri bertahan hidup bisa mengambil alih. Kemudian, meninggalkan otak lain untuk membantu menyimpan ingatan serta melakukan tugas tingkat tinggi. 

Itulah yang menyebabkan sobat sering lupa ketika sedang stres atau mengalami penyimpangan ingatan selama peristiwa traumatis. Maka dari itu, penting untuk mengatasi stres yang lebih baik sehingga tidak semakin memperburuk. Berikut beberapa cara untuk mengelola stres yang bisa Sobat terapkan:

1.Fokus mengatur hal yang terdekat atau rutinitas agar kondisi kesehatan lebih baik.

2.Mengatur tidur malam agar lebih baik, stres biasanya membuat tidur malam sulit dan membuat jam tidur berkurang. Coba untuk memperbaiki jam dan kualitas tidur.

Baca juga: Wujudkan Work Life Balance dengan 5 Kebiasaan Ini!

3.Mengatur waktu serta pekerjaan dengan baik karena stres akan membuat semua kegiatan berantakan. Daripada Sobat berpikir, ada baiknya menulis jadwal tugas setiap harinya serta memulai pekerjaan.

4.Mengubah pola pikir serta sikap terhadap stres. Sobat bisa mencoba memikirkan sisi positif seperti bersyukur, berolahraga, mengejar impian, dan lainnya.

5.Sobat bisa mencoba meminta bantutan kepada ornag lain yang bisa dipercaya atau olahraga untuk mengkonsultasikan apa yang dialami.

Demikianlah penjelasan tentang overthnking yang bisa membuat Sobat stres, memikirkan sesuatu secara berlebihan tak akan membuatnya selesai malah akan membuat pekerjaan tertunda dan memperburuk keadaan. Nah, kalau mulai overthinking apa nih yang Sobat lakukan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sering Overthinking, Ternyata Begini Kondisi Otak Saat Berpikir Berlebihan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.