Wujudkan Work Life Balance dengan 5 Kebiasaan Ini!

 Aktivitas sehari-hari yang padat membuat kita merasa lelah baik fisik maupun psikis. Terlebih hanya beberapa jam waktu untuk beristirahat dan paginya kembali bekerja, siklus yang berkelanjutan ini semakin membuat lelah menumpuk. Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan rutinitas pekerjaan serta aspek kehidupan yang lain atau disebut work life balance.

Mewujudkan work life balance sendiri tidaklah mudah karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi serta diatasi untuk mewujudkannya. Terlebih untuk yang saat ini kesulitan menyeimbangkan kehidupan, ada lima tips yang bisa kamu coba, nih!

Baca juga : 5 Cara Efektif Mengatasi Jenuh Saat Bekerja

1. Rutin bangun pagi

Mempunyai kebiasaan rutin bangun pagi memiliki banyak manfaat, tak hanya menjadi langkah awal dalam mewujudkan work life balance, melainkan bisa menjadi kegiatan yang lebih menyehatkan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE menemukan jika orang yang mempunyak kebiasaan bangun pagi mempunyai tingkat kecemasan yang rendah daripada orang yang tidur larut malam serta bangun kesiangan.

Selain itu, penelitian lain menyebutkan bahwa kebiasaan bangun di pagi hari memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental seseorang. Salah satunya meningkatkan kewaspadaan serta mengurangi kecemasan. Nah, Sobat bisa mengawali work life balance dengan rutin bangun pagi.

2. Mempunyai buku harian

Mewujudkan keseimbangan dalam hidup dimulai dengan menemukan titik pusat, yaitu tempat di mana Sobat merasa damai, fokus dengan masa sekarang, serta merasa bahagia. Nah, untuk menemukan titik itu, tentunya kita perlu memiliki gambaran sendiri tentang hidup seimbang itu bagaimana. Hal ini bisa dimulai dengan membuat daftar kegiatan yang akan memudahkan Sobat untuk melakukannya. Mempunyai sebuah buku jurnal atau harian membuat kita pun nyaman melakukan berbagai kesibukan dengan lebih terarah.

Baca juga : Bukan Mager, 6 Hal Ini Menandakan Kamu Lelah Mental

3. Menyempatkan diri untuk menghirup udara segar

Ada baiknya Sobat menyempatkan diri sejenak menghilangkan beban pikiran dan mencari ketenangan dengan menghirup udara segar. Misalnya bepergian ke tempat baru atau alam terbuka dengan udara yang menyegarkan. 

Menurut penelitian dalam jurnal Health & Place menemukan jika bepergian dan berada di dekat alam akan mendorong individu menjadi lebih aktif secara fisik, spiritual, serta sosial. Ketiga hal tersebut penting untuk menjaga kualitas hidup sehingga membantu menghambat proses penuaan.

4. Mengerjakan tugas satu per satu

Untuk Sobat yang memiliki pekerjaan padat atau tugas banyak pasti sering melakukan multitasking, yaitu mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu. Padahal ini bisa membuat kita stress, maka dari itu perlu berlatih membuat prioritas. Jadi, fokus pada hal yang perlu diselesaikan terlebih dulu, yaitu yang penting didahulukan sebelum pekerjaan lainnya. Lalu, selesaikan satu per satu dari yang mendesak hingga yang kurang mendesak. 

Baca juga : Pilih Kuliah atau Kerja?

5. Mengurangi kebiasaan overthinking

Pasti ada yang sering mengalami overthinking karena hal-hal kecil, sehingga menuntut agar semua hal berjalan dengan sempurna. Padahal kegagalan serta kesalahan bisa dialami kapan saja, oleh karena itu penting untuk mengenali kelebihan dan kekurangan, serta mengusahakan yang terbaik.

Demikianlah tips untuk mewujudkan keseimbangan dalam hidup atau work life balance yang bisa kamu terapkan. Hidup di dunia memang berat karena kita bersaing dengan miliaran orang untuk mencapai tujuan, jadi lakukan apa pun yang bisa membuatmu bahagia jangan memaksa menggapai segalanya. Apa nih yang sudah kamu praktikkan untuk mewujudkan work life balance?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wujudkan Work Life Balance dengan 5 Kebiasaan Ini!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.