Komunikasi untuk Mendukung Karier, Begini 5 Cara Membangunnya di Dunia Kerja

 

Memiliki karier yang mumpuni di dunia kerja pasti diinginkan oleh semua karyawan dalam meraih kesuksesan. Hal penting yang perlu dibangun untuk itu adalah komunikasi, sehingga Sobat sebagai karyawan perlu mempelajari. Ya, tak hanya untuk karier saat menduduki bangku kantor sebagai karyawan, tentunya perlu disadari pentingnya berbincang dengan orang lain.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di dunia kerja, pasti Sobat akan menghadapi berbagai rintangan yang dihadapkan dengan berbagai orang di sebuah perusahaan. Di lingkungan baru dan pekerjaaan baru, tentu yang Sobat butuhkan adalah mengenali dan menggali lebih dalam tentang orang di sana dan sistem lingkungannya.

Skill komunikasi sendiri memberikan berbagai keuntungan, mulai dari bisa memperoleh pekerjaan dengan lebih mudah, merasa lebih nyaman dengan pekerjaan, mendapatkan promosi jabatan, sampai meraih kesuksesan dalam karier. Dalam hal ini, ada beberapa cara membangun komunikasi yang baik, di perusahaan, antara lain:

1. Menjadi seorang pendengar yang baik

Langkah pertama dalam membangun komunikasi adalah mendengar, Sobat perlu menjadi pendengar yang baik jika ingin didengarkan dengan baik pula. Dengan mendengarkan cerita rekan kerja hingga bos dengan baik, Anda akan memiliki kedudukan istimewa di mata mereka. Akan tetapi, hal ini tidak mudah karena banyak orang yang lebih senang berbicara daripada mendengarkan. Walau ada beberapa orang yang lebih nyaman menjadi tempat curhat. Setidaknya dalam dunia kerja jangan menyela pembicaraan orang lain yang belum selesai, baru setelah orang tersebut selesai bicara berikan respons dan pertanyaan balik.

2. Memerhatikan bahasa tubuh

Tak semua orang memahami bahwa bahasa tubuh merupakan media berkomunikasi yang efektif dan banyak dilakukan juga. Saat berbicara pun beberapa orang juga akan memperlihatkan bahasa tubuh, maka dari itu Sobat perlu memerhatikan hal tersebut. Selain itu, ada beberapa bahasa tubuh yang perlo Sobat terapkan, seperti membungkuk ketika berbicara, mempertahankan kontak mata dengan pembicara.

3. Menyampaikan pesan dengan efektif’

Penting untuk diperhatikan dalam berkomunikasi, yaitu tersampaikannya pesan dengan efektif agar lawan bicara memahami apa yang kita sampaikan dengan mudah. Hal ini berlaku untuk penyampaian pesan secara langsunng maupun melalui teks. Ada baiknya, Sobat pun menghindari berbicara dengan bahasa yang berbelit-belit, hal itu bisa membuat orang lain enggan berbicara pada Sobat lagi.

4. Menunjukkan kesan ramah

Dalam berkomunikasi dengan orang lain, hal terbaik yang perlu Sobat tunukkan adalah kesan ramah yang akan membuat mereka nyaman ketika berkomunikasi dengan sobat. Hal ini bisa ditunjukkan dengan nada bicara riang dan memberikan senyuman.

5. Fleksibel

Setiap orang yang kita hadapi tentu mempunyai sifat yang berbeda, hal ini tentu memengaruhi komunikasi. Ada yang sensitif dan mudah tersinggung, ada yang menggunakan bahasa lugas dan kasar. Sehingga, dalam berkomunikasi Sobat harus bisa menyesuaikan dengan lawan bicara dan memaklumi logat mereka.

Demikianlah lima cara membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja maupun bos sehingga Sobat akan disukai dan dipercaya menjadi tempat curhat. Tak hanya memudahkan Sobat dalam melakukan pekerjaan dan membangun lingkungan yang nyaman, tetapi hal tersebut akan berpengaruh besar pada kesuksesan karier Sobat nantinya. Sudahkah Sobat menerapkannya di tempat kerja?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komunikasi untuk Mendukung Karier, Begini 5 Cara Membangunnya di Dunia Kerja"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.