7 Kuliner Khas Bukittinggi Sumatera yang Wajib Kalian Coba






Wajib Kamu Coba

Dimana kaki berpijak di situ langit dijunjung, begitu bunyi pepatah untuk bertamu atau sebut saja traveler yang berkunjung ke daerah lain. Berada ditempat baru sangat rugi apabila tidak mengunjungi tempat bersejarah atau icon tempat tersebut. Terlebih tentang makanan, bakal menyukainya atau tidak itu wajib kamu coba. Kalau kamu sedang berkunjung ke Bukittinggi Sumatra 7 makanan khas ini harus kamu coba.


1. Gulai Jariang Muda

Makanan yang satu ini cocok bag penggemar jengkol, cobalah gulai jariang muda. Gurihnya jengkol berpadu dengan kuah santan kental pasti membuatmu tak mau berhenti untuk memakannya. Makanan berkuah ini sangat pas dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat. Tidak perlu bingung mencari keberadaan kuliner satu ini karena tersedia hampir di seluruh warung makanan Padang di Bukittinggi.


2. Sate Padang

Kebanyakan orang asli Minang menuliskan bila rasa sate Padang yang dijual di pulau lain, berbeda dengan di tempat asalnya. Salah satu warung sate Padang tak asing di Bukittinggi Sumatera merupakan Sate Padang Daguang-daguang yang berlokasi di depan stasiun kereta api lama Bukittinggi. Kamu dapat menikmati nikmatnya sate Padang dengan segelas teh talua atau teh telur yang hangat di perut, sekaligus lumer di lidah.


3. Nasi Kapau

Di Bukittinggi, tidak sedikit sekali warung nasi recommended yang wajib kamu coba. Kebanyakan, penjual nasi kapau berada di lokasi wisata yang tentu ramai pembeli. Jika kebetulan kamu berada di pusat kota Bukittinggi, kamu dapat pergi ke Pasar Ateh (atas) di Los Lambuang yang letaknya tak jauh dari Jam Gadang. Salah satu yang menjadi primadona warung nasi kapau di sana adalah warung Uni Lis. Lezatnya lauk bumbu balado dan sayur khas nasi kapau yang berbeda dari makanan Padang pada umumnya, pasti membuat lidahmu bergoyang, nagih lagi dan lagi.


4. Katupek Pical

Kuliner khas satu ini tidak jarang dijuluki dengan pecel khas Minang, karena berupa sayuran yang disiram bumbu kacang. Katupek pical ini berisi rebung, jantung pisang, daun pucuk singkong, dan daun lobak Singgalang yang dimakan dengan irisan ketupat dan diberi kerupuk merah khas Padang sebagai toppingnya. Kamu dapat mendatangi warung Pical Sikai di Jalan Panorama nomor 19C untuk mencicipi sepiring katupek picak yang gurih dan lezat. Konon, warung ini sudah ada sejak zaman Indonesia merdeka. Warung ini juga menyajikan kuliner khas Bukittinggi Sumatera lainnya

seperti lamang tapai, sejenis tape ketan hitam yang dimakan dengan ketan bakar. Rasanya yang khas dan gurih, dipastikan buat anda ketagihan!


5. Itiak Lado Mudo

Gulai itiak lado mudo ini merupakan gulai dengan bahan dasar daging bebek muda yang dilumuri cacahan cabai hijau. Rasanya yang gurih membuat kuliner yang satu ini sulit terlupakan dan buat anda sulit berpindah ke lain makanan!
Warung itiak balado mudo yang paling terkenal di kalangan wisatawan ada di Ngarai Sianok. Potongan daging bebek yang berbalut cabe hijau pedas berpadu dengan sepiring nasi putih hangat, pasti membuatmu kalap!


6. Ampiang Dadiah

Makanan satu ini memiliki rasa yang unik ini terbuat dari campuran ketan putih, ketan merah, karamel gula merah (ampian) dan susu kerbau yang difermentasi hingga menjadi tekstur padat serupa laksana keju. Kamu pasti nggak akan menemui kuliner ini di tempat lain. Jadi, rugi banget bila kamu nggak mencobanya! Salah satu penjual ampiang dadiah yang tak asing enak ada di Pasar Lereng.


7. Kopi Kawa Daun

Setelah makanan,kini saatnya minuman yang khas dari Bukittinggi Sumatera. Kopi kawa daun, sensasi yang ditawarkan oleh secangkir kopi kawa daun khas Bukittinggi ini dijamin membuatmu ketagihan. Pasalnya, kopi kawa ini tidak menggunakan bubuk kopi untuk diseduh, melainkan daunnya. Penyajiannya pun terbilang menarik sebab memakai batok kelapa.
Tampilannya serupa teh hitam pekat, tetapi citarasanya tetap seperti kopi. Biasanya secangkir kopi kawa daun ini disajikan dengan campuran sedikit susu untuk menambah rasa manis. Minuman ini pun sangat cocok untuk kamu yang tidak begitu suka dengan kopi.

Itulah 7 kuliner khas Bukittinggi Sumatera dan kunjungi https://www.cekaja.com/info/intip- 5-wisata-kota-bukittinggi-yang-pernah-jadi-ibu-kota-negara/ yang wajib kamu coba ketika berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para wisatawan yang ingin ke Bukittinggi Sumatera Barat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Kuliner Khas Bukittinggi Sumatera yang Wajib Kalian Coba"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.