Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

Seringkali flek hitam menjadi masalah yang mengganggu, bahkan besar terlebih untuk perempuan karena akan ada noda hitam di kulit terlebih wajah dan menjadi tidak enak untuk dipandang. Umumnya, ini disebabkan oleh sinar matahari yang meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit. Dan yang paling rawan mengalami flek hitam adalah wajah, karena wajah hampir sepanjang waktu terpapar matahari. Tentu ini mengkhawatirkan karena wajah merupakan hal paling penting dalamm penampilan bagi perempuan.

Namun, tidak perlu khawatir lagi karena ada banyak cara menghilangkan flek hitam, baik dengan bantuan medis maupun secara alami. Menggunakan bantuan medis memang yang paling aman daripada menggunakan produk kecantikan yang belum pasti cocok dengan kulit dan keamanannya, tetapi membutuhkan biaya yang kita tahu seberapa banyak dan jarang menemukan dokter kecantikan yang cocok. Nah, menggunakan bahan alami menjadi pilihan yang mudah karena bahannya yang bisa didapatkan di pasar sekaligus aman, tidak berbahaya. Berikut bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan flek hitam:

1. Jus lemon atau air perasan jeruk nipis

Seperti yang kita tahu lemon dan jeruk nipis adalah buah yang mengandung banyak vitamin C, ya, vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Ia mampu melawan penuaan, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas, hingga merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan menghilangkan flek hitam.

Baca juga: Skincare Aman Untuk Wajah? Gunakan 5 Bahan Ini!

Cara menggunakannya pun tidak sulit, pertama buat jus lemon atau peras jeruk nipis. Lalu, ambil airnya dengan bantuan kapas dan oleskan ke wajah yang mengalami flek hitam. Terakhir, bilas dengan air bersih setelah mengering. Selanjutnya gunakan jus lemon atau air jeruk nipis ini secara rutin selama dua minggu untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, tetapi perhatikan kondisi kulit. Jika memiliki kulit sensitif, maka berikan tambahan air agar jus lemon atau air jeruk nipis tidak terlalu masam.

2. Masker kentang

Kentang menjadi salah satu sayuran yang biasanya digunakan memasak, tapi ternyata kentang juga bermanfaat untuk kulit. Kandungan di dalam kentang terbukti bisa menghiilangkan flek hitam. Selain itu, kentang bisa mengangkat sel kulit mati, melembabkan, dan membantu mencerahkan kulit. Caranya dengan menggunakan kentang sebagai masker, pertama cuci bersih kentang dan iris tipis-tipis. Lalu, letakkan irisan kentang pada wajah, kemudian biarkan selama beberapa menit dan cuci bersih dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

Seperti yang kita tahu biasanya lidah buaya digunakan untuk merawat rambut, tetapi penggunaan lidah buaya untuk merawat wajah yang tidak asing lagi. Sebab, lidah buaya bisa melembabkan dan menghaluskan wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas, tak heran banyak produsen kecantikan menjual lidah buaya di pasaran. 

Untuk yang punya tanaman lidah buaya di rumah tinggal ambil dan belah batang lidah buaya untuk mendapatkan dagingnya, nih. Lalu, oleskan daging tersebut di bagian wajah yang mengalami flek hitam. Kemudian pijat perlahan dan biarkan 15 sampai 20 menit, setelah mengering bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini dua kali sehari dalam beberapa minggu agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Wajah Putih Bersinar dengan Bahan Alami

4. Kunyit

Siapa yang masih mengira kunyit hanya bermanfaat sebagai rempah-rempah, nih? Kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan wajah, lho, karena bisa mengusir jerawat. Selain itu, kunyit bisa menyamarkan bekas jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kunyit pun memiliki kandungan anti-pigmentasi dan anti-inflamasi.

Nah, cara untuk memanfaatkan kunyit cukup mudah lho, campurkan dua sendok teh kunyit yang dihaluskan dengan susu dan air lemon. Tentunya, kunyit harus lebih banyak, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dnegan air hangat.

5. Masker Pepaya

Kandungan di dalam buah pepaya bisa mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam jika digunakan sebagai masker, kandungan ini mampu mengelupas dan menyingkirkan sel kulit mati. Masker pepaya pun sangat mudah, hanya dengan mengambil daging pepaya yang sudah matang, lalu hancurkan sampai menjadi bubur. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini tiga sampai empat kali seminggu agar efeknya maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.