5 Cara Sederhana Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Hai Sobat, pasti punya momen paling tidak mengenakkan saat diminta maju ke depan untuk berbicara, terlebih semasa sekolah dulu. Istilah demam panggung pun pasti tidak asing lagi, yaitu saat kita merasa gugup atau grogi berbicara di depan semua orang. Ini memang hal wajar yang sering terjadi, bahkan dialami hampir oleh semua orang. 

Namun, perlu kalian tahu, nih, kalau berbicara di depan umum jugalah momen yang langka. Kesempatan ini sangatlah jarang terjadi, oleh karena itu kita perlu memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan yang terbaik. Walaupun gugup atau grogi adalah hal yang wajar, kita perlu mengolanya dengan baik. Berikut cara sederhana agar bisa lancar berbicara saat di depan umum:

Baca juga: Mudah Lelah, Ini 5 Faktor Penyebabnya!

1. Mengakui kegugupan

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengakui rasa gugup itu sendiri. Kalian bisa, nih, mengakui kegugupan tanpa rasa takut saat di depan umum asal mengemasnya dengan baik, misalnya dikemas dengan candaan. Sehingga penonton akan lebih memaafkan jika kegugupan itu muncul tiba-tiba. 

Terlebih, kita akan merasa lebih santai setelah itu karena para penonton sudah diarahkan agar tidak berekspektasi lebih tentang apa yang akan kita sampaikan. Jika terjadi sebaliknya, maka hal ini memberikan rasa kagum terhadap diri sendiri.

2. Menggunakan alat bantu visual

Alat bantu visual bisa menjadi keuntungan yang penting saat berbicara di depan umum dikarenakan audiens atau penonton akan fokus pada alat bantu visual sekaligus kita. Di saat fokus mereka terbagi itu akan lebih mudah, apalagi saat alat bantu visual yang digunakan sangat menarik sehingga kita pun lebih percaya diri serta nyaman dalam menyampaikan presentainya. Pastinya ini mengurangi kegugupan yang terjadi.

3. Sesekali berbicara dengan satu orang

Saat berbicara di depan hal yang ditakuti adalah kerumunan, di saat melihat kerumunan dan suasana mulai hening di situasi inilah kegugupan mulai muncul. Nah, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan cara berbicara dengan satu orang. Dalam hal ini, suasana akan lebih santai dan kita tidak merasa sendirian di tengah banyaknya orang yang menatap kita.

Baca juga: 5 Cara Efektif Mengatasi Jenuh Saat Bekerja

4. Definisikan ulang audiens

Cara umum yang sering digunakan saat di depan umum adalah melihat audiens dan menganggap mereka benda mati atau sama sekali tidak ada. Namun, menganggapnya seperti itu sangatlah sulit dilakukan karena meyakinkan diri sendiri jika kamu benar-benar bicara sendiri, sedangkan orang di depan kita memang ada.

Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik mencobah mendefinisikan ulang audiens yang ada di depan kita. Saat berada di posisi sebagai siswa yang akan melakukan presentasi di depan teman sekelas dan guru, maka coba anggap jika guru dan teman sekelasmu sama, mereka juga sedang mengantri untuk presentasi. Nah, ini bisa membantu kita mengatasi rasa gugup.

5. Membuat kesalahan secara disengaja

Kita bisa mencoba menjatuhkan benda ke lantai, lalu melontarkan candaan jika presentasi yang dilakukan akan berlanjut ke bagian yang lebih rumit. Jika hal itu dilakukan bukan berarti audiens akan tertawa gelak hingga mencairkan suasana, tetapi dengan ini ketegangan maupun kegugupan bisa berkuraang karena tercipta suasana yang lebih kasual dan interaktif antara kita sebagai presenter dan audiens.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Sederhana Agar Lancar Berbicara di Depan Umum"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.