4 Teknologi yang Membawa Perubahan Ekonomi Digital

 


Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar. Dengan ini, Indonesia diharapkan menjadi salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi digital terbesar di tahun 2025 nantinya. Terlebih adanya pandemi COVID-19 sebelumnya telah mendorong percepatan peralihan layanan digital. Hal ini juga mendorong berkembangnya sektor teknologi informasi serta komunikasi di Indonesia guna bisa memimpin pertumbuhan ekonomi di tahun 2022.

Internet dan teknologi dinilai akan sangat berpengaruh daripada saat ini, teknologi digital sendiri telah mengubah kehidupan kita selama ini. Ya, dengan adanya teknologi digital jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan terkurangi, bahkan cara berinteraksi dengan manusia pun berubah. Dilansir dari Cloud Computing Indonesia, ada empat teknologi yang membawa perubahan ekonomi digital nantinya, yaitu sebagai berikut :

Baca juga : Mengenal Metaverse, Dunia Virtual dan Bahayanya

1. Kripto dan NFT

Pasti tidak asing lagi dengan dua istilah yang sering muncul di dunia bisnis ini. Ya, cryptocurrency dan NFT (Non-Fungible Tokens) yang semakin populer, keduanya merupakan aset digital yang mempunyai potensi mengubah bisnis dan ekonomi. NFT sendiri adalah token yang tidak bisa ditukar dan merupakan berkas digital unik yang identitas serta kepemilikannya diverifikasi pada rantai blok.

Sedangkan kripto atau cryptocurrency merupakan aset digital yang didesain untuk bekerja sebagai media pertukaran dengan kriptografi yang kuat guna mengamankan transaksi keuangan, memverifikasi transfer aset, serta mengendalikan pembuatan unit tambahan. Kedua aset digital telah menarik perhatian seniman dan kolektor di Indonesia.

Bahkan, sudah terdapat bursa cryptocurrency di Indonesia, yaitu Tokocrypto yang telah menciptakan TokoMall, yaitu pasar token NFT multi-kategori pertama di Indonesia. Hal ini menjadi langkah untuk menandakan perubahan berbasis blockchain dalam domain seni serta budaya lokal.

Baca juga : 5 Cara Aman Berbelanja Online

2. Layanan Seluler

Baru-baru ini dilaporkan bahwa Indonesia merupakan pusat ekonomi digital terbesar di dunia dan berpotensi untuk berkembang melalui penggunaan layanan digital. Terlebih dengan adanya percepatan jaringan 5G yang membuka peluang bisnis, serta adopsi digital yang lebih luas dan pengembangan infrastruktur teknologi.

Kemudahan seluler dan bangkitnya hiburan melalui perangkan lunak mendorong pertumbuhan jaringan 5G yang lebih cepat. Jaringan 5G sendiri mempunyai banyak manfaat, salah satunya latensi yang lebih rendah, jangkauannya lebih luas, memudahkan sistem bereaksi lebih cepat, dan peningkatan throughput.

3. AI dan Cloud Computing

Artificial Intelligence (Ai) atau kecerdasan buatan dinilai akan berperan besar dalam mengubah cara hidup dan kerja masyarakat Indonesia. Terlebih ini akan berdampak pada bidang pengembangan perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak seperti penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin akan secara otomatis akan banyak dilakukan.

Baca juga : Sudah Saatnya Teknologi Canggih Dimiliki Setiap Rumah

Sedangkan dalam dunia bisnis terdapat cloud computing yang menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan guna mendukung penggunaan teknologi terbaru, yaitu AR (Augmented reality), VR (Virtual Reality), dan ML (Machine Learning). Cloud computing berperan dalam membantu menyimpan semua data yang tersedia digital dengan jumlah yang terus bertambah. Tentunya, ini akan memudahkan perusahaan dalam menyimpan data dengan jumlah yang besar.

4. Keamanan E-Commerce

Banyaknya penggunaan pembayaran digital terlebih dengan adanya transaksi online dan program Buy Now, Pay Later juga memunculkan kebutuhan akan keamanan transaksi secara daring. Sehingga, banki meningkatkan fokusnya pada keamanan e-commerce untuk mengurangi hacker dan pelaku kejahatan lainnya di dunia maya. Ekonomi digital semakin berkembang dengan banyaknya penggunaan transaksi digital yang berlangsung.

Nah, itulah 4 teknologi yang dinilai akan membawa perubahan terhadap ekonomi digital di Indonesia. Serta diharapkan penggunaan layanan digital ini tetap kuat dan terus tangguh terlebih dengan adanya kripto dan NFT, layanan seluler, Ai dan cloud, serta keamanan E-commerce. Teknologi digital mana yang sudah kamu rasakan perkembangannya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Teknologi yang Membawa Perubahan Ekonomi Digital"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.