Tips Hemat Kuota untuk Nonton Youtube, Otak-Atik Setting!

 


Menonton YouTube menjadi pengisi kegabutan yang paling afdhol karena banyak video musik maupun film yang menarik untuk dilihat. Sekadar refreshing dari pekerjaan yang padat memang ini solusi yang tepat, tetapi kalau sampai kuota habis gawat. Mungkin banyak orang yang menggunakan WiFi, tetapi di beberapa situasi pasti menggunakan kuote internet juga bukan?

Nah, agar kuota lebih hemat saat menonton YouTube ada beberapa cara yang bisa Sobat coba. YouTube sendiri memang terkenal menjadi salah satu apps yang paling membuat kuota internet cepat habis sama seperti TikTok dan Instagram. Hal ini karena aplikasi tersebut berkaitan dengan video yang memang menguras kuota.

Video di YouTube sendiri membuat Sobat menghabiskan waktu berjam-jam untuk menontonnya. Apalagi melihat tayangan live streaming atau video konten lainnya bisa menghabiskan waktu hampir seharian penuh. Untuk pengguna kuota internet ini akan menjadi masalah karena kuota data yang terbatas. Kabar baiknya, Sobat bisa menghemat penggunaan kuota dengan fitur yang disediakan YouTube, berikut caranya:

Baca juga: 4 Teknologi yang Membawa Perubahan Ekonomi Digital

1. Ketika menonton video tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas tampilan layar.

2. Kemudian pilih ‘Quality’ yang akan menyediakan berbagai pilihan, seperti ‘Auto’ yang merupakan default tanpilan video, di mana kualitas video yang ditampilkan sesuai kecepatan koneksi internet sehingga bisa boros pada kuota.

3. Jika Sobat ingin menghemat kuota gunakan pilihan ‘Data Saver’ di mana video yang tersaji berkualitas rendah dan lebih hemat kuota.

4. Setelah itu, Sobat juga bisa memilih opsi ‘Advanced’ guna meningkatkan resolusi yang diinginkan. Semakin rendah kualitasnya semakin menurun, tetapi lebih irit kuota data.

Selain menghemat pemakaian kuota di YouTube, ada berbagai cara lainnya untuk hemat kuota internet. Pasti Sobat pernah mengalami kuota habis sebelum masa aktif berakhir, sebab ponsel sekarang memerlukan jaringan internet untuk bisa mengakses berbagai aplikasi online. Apalagi banyak aplikasi yang perlu pembaruan dan boros kuota. Ada beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk menghemat dana, antara lain:

Mematikan pengunduhan fail otomatis

Pengunduhan fail otomatis biasanya terdapat di Whatsapp sehingga otomatis aplikasi akan mengundah semua fail yang masuk dari gambar, video, atau audio. Hal ini membuat konsumsi kuota meningkat sehingga boros pemakaian paket data. Fail-fail tersebut pun tidak semuanya penting diunduh. Jadi, ada baiknya mematikan pengunduhan fail otomatis di aplikasi yang Sobat gunakan.

Baca juga: Kaum Milenial Mulai Bisnis dengan Facebook Business Manager, Yuk!

Mematikan pembaruan aplikasi otomatis

Biasanya aplikasi akan mengalami pembaruan yang terjadi otomatis sehingga menggunakan kuota dalam jumlah besar. Selain itu, pembaruan aplikasi juga bisa menyebabkan memori penuh. Akan lebih baik, jika pembaruan aplikasi secara otomatis dimatikan saja untuk menghemat kuota data.

Menghindari pencadangan fail dengan internet

Proses pencadangan yang biasanya dilakukan oleh platform Cloud, misalnya iCloud atau Google Drive. Ada baiknya saat melakukan pencadangan jangan menggunakan jaringan seluler karena itu bisa menghabiskan banyak kuota data.

Selain itu, Sobat juga perlu melakukan pencegahan lain seperti mematikan data latar belakang dan hindari mengakses platform streaming video secara berlebihan. Sehingga kuota data tidak cepat habis, tentu ini sangat penting untuk Sobat yang tidak menggunakan WiFi di rumah. Sudahkah Sobat menerapkan beberapa cara di atas?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hemat Kuota untuk Nonton Youtube, Otak-Atik Setting!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.