Muslim Wajib Tahu! 5 Amalan Hari Jumat Berdasar Sunnah Rasulullah

 


Di hari Jumat menjadi hari penuh berkah, bahkan banyak orang yang berbondong-bondong beribadah. Banyak keistimewaan hari tersebut hingga membuatnya menjadi hari yang baik serta mulia. Bahkan, dikutip dari buku berjudul Mukasyafatul Qulub, Menyingkap Tabir Hati untuk Mendekati Allah karya Imam Al-Ghazali, terdapat riwayat dalam hadits Anas, Nabi Muhammad bersabda,

“Setiap hari Jumat, Allah memerdekakan 600.000 orang dari neraka.”

Selain itu, hari Jumat merupakan hari yang paling baik dari semua hari, di hari itu pun terdapat waktu mustajab. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR Musli:

“Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, ‘Sebaik-baik hari di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari Jumat Adamm dimasukkan surga, pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga, dan dunia tidak terjadi kecuali pada hari Jumat’.” 

Maka dari itu, di hari penuh berkah tersebut disarankan untuk memperbanyak amalan, dari yang sederhana seperti berzikir kepada Allah. Selain itu, ada beberapa amalan lainnya yang bisa diamalkan di hari Jumat, sebagai berikut:

Baca juga: 3 Persiapan Melaksanakan Ibadah Umroh Gratis

1.Membaca surat Al-Kahfi

Rasanya surat yang satu ini tidak boleh dilewatkan saat di hari Jumat, lantaran terdapat satu Riwayat yang menyatakan, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka memancarlah cahaya terang untuknya dari bawah telapak kakinya hingga setinggi awan langit yang akan meneranginya kelak di hari kiamat serta diampuni dosanya di antara dua Jumat (HR. Ibnu Mardawaih).

2.Membaca surat Yasin serta ayat terakhir surat Al-Baqarah

Membaca surat Yasin serta membaca ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, lalu tidak kemudian mengkhususkan malam Jumat dengan sembahyang, disarankan untuk melakukan sholat sunah setelah Magrib.

3.Membaca 3 surat terakhir dalam Al-Quran

3 surat yang dimaksud adalah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas yang disarankan untuk dibaca sebanyak tujuh kali. Dengan begitu, Allah akan melindungimu dari keburukan sampai Jumat depan.

Baca juga: Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan

4.Memperbanyak amal baik

Ini yang paling penting, memperbanyak amal baik di hari Jumat, karena pahala amal kebaikan tersebut akan dilipatgandakan. Amal kebaikan yang dimaksud berarti segala hal yang dinilai baik serta diperbolehkan menurut syariat Islam.

5.Melakukan ziarah kubur

Ziarah ke akan para ulama, keluarga, atau orang terdekat bisa dilakukan kapan saja, karena pada dasarnya ziarah merupakan menguatkan keimanan dan mengingatkan diri pada kematian. Namun, akan lebih utama jika dilakukan di hari Jumat, yaitu akan diampuni dosa-dosanya dan dicatat sebagai orang yang berbakti kepada orang tua oleh Allah.

Nah, untuk yang berburu Jumat berkah bisa mengamalkan beberapa amalan di atas. Tak hanya bagi kaum lelaki yang diwajibkan sholat Jumat, tetapi kaum hawa juga bisa melakukannya walau hukumnya sunnah. Sudahkah Sobat melakukan amalan-amalan tersebut?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Muslim Wajib Tahu! 5 Amalan Hari Jumat Berdasar Sunnah Rasulullah"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.