Ingin Napas Lega? Coba 5 Makanan Pembersih Paru-Paru Ini!

 

Paru-paru menjadi organ penting di tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat penukaran oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Tak heran jika organ paru-paru sangat penting dalam sistem pernapasan dan sirkulasi. Sayangnya, di kondisi lingkungan yang seperti sekarang paru-paru rentan mengalami masalah. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi makanan permbersih paru-paru.

Ya, adanya polusi, rokok, serta radikal bebas yang semakin tinggi sekarang ini menjadi faktor utama yang menyebabkan paru-paru kotor. Apabila paru-paru terinfeksi racun maupun partikel berbahaya di udara bisa mengganggu pernapasan dan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Dalam hal ini penting untuk menghindari rokok apalagi mengonsumsinya karena akan berpengaruh pada kesehatan. Sobat bisa menunjangnya dengan makanan pembersih paru-paru yang bisa dikonsumsi, antara lain:

Baca juga: Tips Menghadapi  Bediding Saat Pandemi

1.Kopi

Kandungan kafein serta antioksidan dalam kopi juga memberi manfaat untuk paru-paru. Minuman yang meningkatkan energi dan membantu Sobat agar tetap terjaga di waktu kerja ini juga termasuk makanan pembersih paru-paru. Dalam hal ini, kandungan kafein dalam kopi berperan sebagai vasodilator yang membantu pembuluh darah untuk terbuka serta meminimalisir gejala asma bagi pengidapnya. Kandungan kafein pun bisa meningkatkan fungsi sistem pernapasan serta melindungi tubuh dari beragam penyakit.

2.Teh hijau

Kandungan Epigallocatechin Gallate dalam teh hijau adalah senyawa yang berperan sebagai antioksidan serta anti-inflamasi sehingga bisa menghambat fibrosis paru serta jaringan parut atau luka. Dilansir dari health.detik.com, sebuah studi kecil 2020 membuktikan apabila pengobatan ekstrak Epigallocatechin Gallate bisa mengurangi gejala fibrosis selama dua minggu, penyakit fibrosis ini ditandai dengan munculnya jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru.

3.Madu

Makanan manis kecut ini menjadi pemanis alami yang populer karena mempunyai sifat antibakteri. Sifat itulah yang membantu mengurangi masalah pernapasan, bisa membantu membersihkan saluran udara, dan menjaga kesehatan organ paru-paru. Ada baiknya Sobat mengonsumsi satu sendok madu dicampur air hangat guna memaksimalkan pembersihan paru-paru, ini juga membantu Sobat meredakan pilek dan batuk.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Jahe

4.Tomat

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi tomat bisa meminimalisir peradangan saluran pernapasan untuk penderita asma, dan meningkatkan fungsi paru-paru untuk penderita PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). Apalagi tomat kaya akan vitamin C, antioksidan karotenoid, dan likopen yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

5.Kunyit

Rempah-rempah memang sudah dipercayai memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Salah satunya kunyit yang mengandung anti-inflamasi dan antioksidan sehingga bisa membersihkan paru-paru serta membantu detoksifikasi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sobat bisa mengonsumsinya secara langsung atau menggunakan bentuk bubuk yang dicampur susu.

Nah, itulah 5 makanan yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan paru-paru di cuaca seperti ini apalagi setelah terkena polusi, sangat disarankan untuk langsung mengonsumsinya agar paru-paru tetap sehat. Mana nih yang sering Sobat konsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Napas Lega? Coba 5 Makanan Pembersih Paru-Paru Ini!"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.