Mengenal Desa Jenggolo dan Potensinya



Desa Jenggolo terletak di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Kalau kita berkunjung ke desa ini kita akan disuguhkan dengan nuansa kerajaan. Di sini banyak terdapat peninggalan sejarah, dilihat dari namanya saja sudah kelihatan bukan? Nama gang di sepanjang desa ini juga bernuansa kerajaan seperti Kahuripa, Kalinyamat, Pajajaran. Mojopahit dan masih lagi.



Bagaimana, apakah anda tertarik jalan-jalan ke Desa Jenggolo dan menikmati segarnya Sumber Songo? Boleh banget dimasukkan ke daftar destinasi liburan anda. Selamat mencoba dan jangan lupa share pengalamannya di kolom komentar ya.

Jenggolo (Jenggala Manik) diambil dari nama sebuah kerajaan. Sebelum menjadi kerajaan Jenggolo, wilayah itu adalah kekuasaan Kerajaan Kediri. Diceritakan bahwa Raja Kediri (Raja Airlangga) memiliki 2 orang istri bernama Dewi Sri dan Dewi Laksmi. Dari Dewi Sri mereka dikaruniai seorang putri bernama Sanggramawijaya Tunggadewi. Sedangkan dari Dewi Laksmi mereka dikaruniai 2 putra yaitu Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.

Baca juga Bersih-bersih makam bersama arek Kepanjen

Dari ketiga itu Sanggramawijaya merupakan anak yang paling disayang oleh Raja Airlangga sehingga Raja Airlangga berniat mewariskan tahta padanya. Namun Sanggramawijaya tidak menerimanya dan memilih tetap untuk jadi pertapa. Waktu Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan tahu kakaknya menolak tahta itu, mereka pun berebut ingin mendapatkan tahta itu. Tidak ingin kedua putranya berebut tahta, Raja Airlangga pun membagi wilayah kekuasaannya menjadi 2 bagian. Pertama Kerajaan Kediri diberikan ke Sri Samarawijaya, kedua Kerajaan Jenggolo diberikan ke Mapanji Garasakan.

Baca juga Festival melukis topeng malangan bersama Ibu Jajuk Sulistyowati

Selain asal-usulnya yang menarik dan suasana kerajaan yang dimilikinya, Desa Jenggolo juga memiliki potensi alam yang luar biasa. Desa ini memiliki persawahan yang luas, meskipun terletak di pinggir jalan raya tapi jika kita masuk sedikit lebih dalam mata kita akan dimanjakan dengan asrinya desa ini. Tidak hanya itu, di Desa Jenggolo juga terdapat banyak sumber mata air yang masih aktif dan terjaga dengan baik sampai saat ini. Dari banyaknya sumber mata air itu yang paling terkenal luas adalah Sumber Songo.

Baca juga Wisata Alam Sumber Songo, Jenggolo-Kepanjen

Sesuai dengan namanya, Sumber Songo dialiri oleh 9 pancuran air. Saat ini Sumber Songo dibuka sebagai destinasi wisata. Sesui dengan identitasnya, wisata ini menyediakan kolam renang dewasa maupun anak-anak. Selain itu wisata Sumber Songo juga menyediakan spot untuk berfoto.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Desa Jenggolo dan Potensinya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.