Tips Manajemen Air Putih Saat Puasa

Hai Sobat, perbincangan tentang air putih pasti membuat bosan karena hampir semua masalah kesehatan dikarenakan kurangnya air putih dalam putih. Nyatanya air putih berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita, apalagi di bulan puasa tahun ini yang masih dalam masa pandemi. Tentunya, menjaga kesehatan untuk kelangsungan puasa selama satu bulan sangat dibutuhkan, nih, mengingat terbatasnya kita mengonsumsi asupan yang dibutuhkan tubuh.

Ya, umumnya tubuh kita membutuhkan asupan air setidaknya dua liter sehari atau sama dengan delapan gelas air putih. Sedangkan dalam puasa kita hanya makan dua kali saat sahur dan berbuka yang pastinya minim banget minum air putih, mungkin hanya satu gelas setiap makan. Perlu kalian tahu, kalau 80% tubuh manusia terdiri air, jika asupan cairan kurang akan berpengaruh pada kondisi tubuh seperti munculnya dehidrasi atau kekurangan cairan.

Saat puasa kita tidak makan dan minum lebih dari dua belas jam, sedangkan tubuh tetap beraktivitas dan membutuhkan asupan cairan. Oleh karena itu, kita membutuhkan cairan kurang lebih delapan gelas. Namun, dalam puasa yang sulit mengaturnya, kita perlu menerapan aturan minum air atau pembagian waktu minum air putih selama puasa. 

Baca juga : Tips si Kecil Mau Berpuasa Ramadan

Jika saat puasa kita tidak melakukan memenuhi kebutuhan air minum tersebut kita akan mengalami dehidrasi yang ditandai dengan bibir dan kulit pecah, pusing, lemas, urine berwarna gelap. Agar di bulan puasa kebutuhan air minum tetap tercukupi, yuk, lakukan manajemen air putih ini!

  • 2 Gelas Air Putih Saat Sahur
Ketika sahur kita dianjurkan meminum setidaknya dua gelas air putih, Sobat yang tidak bisa langsung menghabiskan dua gelas air putih bisa membaginya. Bisa minum satu saat bangun tidur atau sebelum makan serta satu gelas setelah makan sahur. Nah, buat yang biasanya saat sahur tidak makan ingat pentingnya makanan dan minuman untuk memberu energi pada tubuh, jangan lupa minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  • 2 Gelas Air Putih Saat Berbuka
Nah, saat berbuka pastinya terlebih dulu minum air putih baru salat, lalu dilanjut berbuka kembali. Selain itu, saat berbuka puasa pastikan minum setidaknya dua gelas air putih atau lebih secara teratur, sesuai dengan kebutuhan. Mengawali puasa dengan minum air putih bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian melakukan kegiatan di tengah puasa.

  • 4 Gelas Air Putih saat Makan Malam
Terakhir, minum 4 gelas air secara berkala saat malam hari sampai menjelang tidur. Sobat bisa membaginya satu gelas air putih sebelum makan, segelas air putih setelah makan malam, segelas air putih setelah tarawih, dan segelas air putih saat akan tidur. Sebelum makan dan sesudah makan ada baiknya minum air putih yang bisa memperlancar prose pencernaan makanan.

Selain air putih, di bulan puasa kita perlu mengonsumsi minuman yang baik. Beberapa minuman lain yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah air kelapa, teh manis, jus buah, dan madu. Minuman manis tersebut bisa membantu mengembalikan energi tubuh sehingga tidak lemas. Jangan lupa, kita harus menghindari minuman yang menggunakan pemanis buatan dan jangan mengonsumsi makanan manis yang berlebihan. Saat puasa tak hanya kebutuhan air minum yang diperhatikan, tetapi asupan makanan sehat juga penting.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Manajemen Air Putih Saat Puasa"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.