Taubatan di PPAI Ketapang




Taubat. Apa sih taubat itu? Pasti umat muslim sudah pada tahu kan apa itu taubat? Non-muslim pun saya rasa juga pasti tahu.


Taubat adalah bentuk rasa penyesalan atas semua kesalahan dan dosa kepada Sang Pencipta. Taubat artinya kembali, maka jika ada orang yang bertaubat itu artinya dia kembali kepada Allah, kepada jalan yang benar. Dia meminta ampun kepada-Nya dengan membaca banyak istighfar dan doa-doa taubat dalam sholat taubat.


  


Taubat sendiri ada yang sungguh-sungguh, ada pula yang sebaliknya. Taubat sungguh-sungguh namanya taubat nasuha yaitu berjanji tidak akan melakukan dosa yang sama lagi.
Pada hari Sabtu, 9 Maret 2019 kemarin ada kegiatan sholat Taubat di Pondok Pesantren Agama Islam Ketapang, Kepanjen. Di sini setiap satu tahun sekali memang selalu mengadakan sholat Taubat berjemaah di bulan Rajab pada malam hari, biasanya di mulai pada pukul 00.00. Namun, ada juga yang tidak hanya sholat Taubat, seperti sholat Hajat dan sholat-sholat sunnah lainnya. Zikir sirri juga ada. Itu semua berbeda di setiap lokasinya, tetapi masih satu area pondok.



Kegiatan positif itu boleh diikuti siapa pun alias umum bagi yang beragama muslim. Tak hanya itu, kegiatan ini selalu mendapat respon baik dari masyarakat. Para jemaah yang hadir pun juga sangat banyak hingga membuat jalanan padat dan macet. Parkiran mobil dan sepeda motor selalu full. Ada pula para jemaah yang datang dari berbagai macam luar Pulau Jawa menggunakan bus. Sampai parkiran pun memanjang di jalanan oleh bus-bus maupun mobil.



Rombongan yang dari jauh selalu menginap di sana menggunakan tikar yang mereka gelar dan pulang ketika menjelang pagi hari. Semua toilet yang di sediakan tidak pernah sepi. Selalu antre dengan para jemaah. Entah itu mandi, buang air kecil, BAB, ataupun hanya wudu saja.



Baca juga: Kandang Singo Edan

Selain itu, di sana juga banyak sekali orang-orang yang jualan dengan berbagai macam dagangan. Ada yang jualan makanan dan minuman, ada juga pedagang pakaian, penjual tikar, dan bahkan pedagang alat-alat rumah tangga maupun dapur seperti dandang juga ada. Ukuran dandang pun mulai dari yang kecil sampai paling besar. Nah, ini nih yang menjadi buruannya emak-emak hehe.



Masya Allah, sangat melegakan ketika kamu mengikuti sholat Taubat ini dengan hati yang ikhlas dan bersungguh-sungguh meminta ampun kepada Allah. Oh iya, jika melakukan perjalanan untuk menuju ke lokasi yang dituju harus hati-hati. Karena akan berdesak-desakan dengan para jemaah lain. Hal itu akan mempermudah tangan panjang untuk mengambil barang berharga milikmu seperti dompet ataupun handphone. Saran saya, jika kamu ikut kegiatan tersebut lebih baik bawalah tasmu di depan  Biar lebih aman.



Mau ikut sholat Taubat berjamaah di Pondok Pesantren Agama Islam Ketapang ini? Tunggu tahun berikutnya ya J. Semoga tahun depan bisa mengikuti amin hehe


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taubatan di PPAI Ketapang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.