3 Penyebab Sariawan Paling Umum dan Cara Mecegahnya

 

Hampir setiap orang di dunia ini pernah mengalami sariawan. Mulai dari kecil sampai besar, kadang cuma 1 kadang lebih. Bahkan ada juga yang 1 belum sembuh udah disusul yang lain, begitu terus sampai mau makan pun rasanya susah banget. Rasa perih dan nyeri yang berpadu jadi 1 seolah-olah menyiksa habis-habisan. Diobatin ini itu kadang juga masih bandel. Apalagi buat yang sariawannya sering banget muncul nih, pasti nggak nyaman banget dong. Nah sebenarnya apa sih penyebab sariawan? Penyebabnya banyak, tapi ada 3 penyebab yang paling umum bisa menyebabkan sariawan.

3 Makanan Wajib Bagi Penderita Anemia

1. Kekurangan vitamin C

Penyebab yang satu ini pasti sudah pada tau, sariawan adalah salah satu tanda kalau kita kekurangan vitamin C. Selain vitamin C, sariawan juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin B12. Untuk mengatasi sariawan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin, kita bisa dengan mudah mengatasinya. Rajinlah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C dan B12. Vitamin C bisa kita temui di jambu biji, kiwi, lemon, leci, pepaya, jeruk, dan cabai. Sedangkan vitamin B12 bisa kita temui di ikan, daging, susu, yoghurt, dan telur. Mengonsumsi vitamin c dan B12 yang cukup bisa membantu mengatasi dan mencegah masuk angin.

2. Cedera

Cedera di mulut atau lidah juga bisa menyebabkan sariawan. Cedera di mulut bisa disebabkan karena menyikat gigi yang terlalu keras, tergigit waktu makan, mengunyah makanan yang masih panas, atau bisa juga karena pemakaian kawat gigi yang kurang pas. Untuk mencegah cedera yang bisa mengakibatkan sariawan, jangan biasakan makan makanan yang masih panas terlebih lagi kalau berminyak. Hati-hati saat menyikat gigi, jangan terlalu keras yang bisa menyebabkan benturan dan cedera.

3. Stres

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Hayo siapa nih yang gampang stres? Hati-hati ya, stres bisa menimbulkan banyak dampak buruk. Salah satu dampak stres yang paling ringan adalah sariawan. Nggak heran kalau wanita lebih gampang kena sariawan daripada pria, karena wanita lebih banyak hal-hal detail yang membuatnya jadi gampang stres. Cara ngatasinnya ya cuma satu, kelola stres dengan baik hehe.

Nah itulah penyebab sariawan yang paling umum terjadi. Cegah dulu sebelum terjadi ya.

Baca juga: 3 Jenis Makanan untuk Menghilangkan Kantung Mata

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Penyebab Sariawan Paling Umum dan Cara Mecegahnya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke web ini. Ditunggu kedatangannya di Kota Kepanjen.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.